Quick contact info

Introducing a truly professional WordPress theme built to last! We developed Wilmër for all construction & architecture sites.

icon_widget_image Monday-Friday: 9am to 5pm; Satuday: 10ap to 2pm icon_widget_image 7300-7398 Colonial Rd, Brooklyn, NY 11209, USA icon_widget_image + (123) 1234-567-8900 + (123) 1234-567-8901 icon_widget_image [email protected] [email protected]

Kusen Aluminium, Kaca Tempered dan Kontraktor ACP (Aluminium Composite Panel)

Tempered Glass

15 Jenis Kaca Dan Fungsi Untuk Bangunan Anda

Jenis Kaca

Jenis-Jenis Kaca – Penggunaan kaca pada hunian rumah memang tidak asing belakangan ini. Selain Jenis Kaca bisa mendatangkan kesan-kesan estetik, dari jenis kaca ini yang sering digunakan agar rumah mendapatkan sumber cahaya alami. Jenis-Jenis kaca akan mempercantik arsitektur rumah Anda dengan kaca, tentu saja Anda harus tahu dulu jenis kaca yang dapat digunakan. Ada beberapa jenis kaca yang kerap dipakai untuk konstruksi bangunan, dengan sifat dan fungsinya masing-masing. jenis kaca jendela rumah minimalis akan tidak sama dengan tipe kaca untuk lantai dan balkon.

Tipe kaca akan punya pengaruh pada bujet Anda karena harga benar-benar bervariatif. Misalnya harga kaca es polos sebagai kaca hias jendela misalkan, semakin lebih mahal dibanding harga kaca one way. Oleh karena itu, alangkah lebih baik Anda mengetahui tentang macam macam jenis kaca agar dapat memilih dengan tepat.

Berikut jenis jenis kaca yang akan dijelaskan dalam artikel ini:

  • Kaca bening (clear glass)
  • Kaca cermin (mirror glass)
  • Kaca es (frosted glass)
  • Kaca warna (tinted glass)
  • Kaca tempered dan kaca laminasi
  • Kaca patri (stained glass)

Dari banyaknya pilihan kaca yang ada, sifat dan jenis kaca dapat sangat beragam. Misalnya jenis kaca jendela rumah tidak kuat benturan, dan jenis kaca patri lebih mengutamakan warna dan tekstur.

Jika memang bukan kontraktor atau orang yang bekerja dibidang konstruksi, Anda tidak perlu hafal sampai detail mengenai tipe2 kaca. Cukup hanya membaca informasi berikut, Anda akan pahami perbedaan utama jenis kaca yang ada

Jenis Kaca Bening (Clear Glass)

Kaca Bening

Ini adalah kaca yang paling populer digunakan pada bangunan umumnya. Kaca bening kerap disebut kaca polos, kaca biasa atau float glass, dan kerap digunakan sebagai jenis kaca untuk jendela. Kaca bening mempunyai sifat transparan, rata permukaannya, bersih, dan bebas distorsi sehingga nyaman untuk kehidupan manusia sehari-hari.

Tapi sebaliknya, jangan menggunakannya sebagai exterior rumah (misalnya dinding kaca, pagar balko, dan sebagainya) karena tipe kaca ini tidak memiliki ketahanan yang tinggi. Tidak sekedar dipakai sebagai kaca jendela, kaca bening kerap dipakai untuk membuat perabotan rumah tangga. Contohnya meja kaca, lemari, dekorasi atau hiasan dinding, kaca aquarium, dan lain-lain.

Jenis Kaca Cermin (Mirror Glass)

Jenis Kaca

Jenis kaca yang ini kerap disebut kaca reflektif atau one way glass (untuk produk Asahimas disebut kaca stopsol) karena hanya kelihatan transparan dari 1 sisi saja. Sisi yang lain terlihat seperti cermin biasa. Kaca cermin dibuat dengan memberikan lapisan pemantul berbentuk lapisan tipis oksida logam. Coating atau pelapis itu dapat diberikan pada kaca bening atau kaca warna.

Kelebihan kaca ini adalah bisa menjaga privacy Anda dalam ruangan, sekaligus memantulkan sinar dan panas sehingga ruangan akan tetap sejuk. Sifat itu membuatnya cocok sebagai jenis kaca rumah. Ditambahkan lagi tampilan kaca cermin ini bisa membuat rumah atau bangunan kelihatan lebih elegan.

Jenis Kaca Es (Frosted Glass)

Frosted Glass

Kaca es memiliki segi yang memiliki tekstur dan permukaan atasnya kabur (tidak terbuka). Biasanya teksturnya berada pada sisi yang menghadap keluar, sementara sisi yang menghadap sisi di dalam rumah permukaannya rata. Kelebihan jenis kaca ini adalah mampu menghalangi pandangan dari luar sekaligus memecah gelombang cahaya matahari. Jika Anda memasang jendela dari kaca es, ruangan akan terlihat jelas tetapi sinarnya lembut (tidak menyilaukan mata).

Kelebihan kaca es membuat jenis kaca ini biasanya dimanfaatkan untuk fungsi dekorasinya. Selain bisa membuat ruang jadi lebih indah, kaca ini bisa juga dipakai sebagai pemisah agar orang lain tidak dapat melihat isi ruang atau memberikan aksen khusus pada rumah

Jenis Kaca Warna (Tinted Glass)

Jenis Kaca

Jenis kaca yang satu ini disebut kaca rayban atau panasap glass (khusus untuk produk Asahimas saja). Kaca warna sering dipakai pada beberapa macam kaca jendela, misalnya kaca-kaca di perkantoran atau pertokoan.

Kaca rayban dibuat dari kaca bening yang ditambahkan warnanya memanfaatkan kombinasi senyawa logam. Warna yang ditawarkan juga cukup bervariasi: hitam, abu-abu, biru kehijauan, tembaga, biru gelap, hijau gelap, dan sebagainya.

Tingkat kegelapan kaca juga bisa dipilih sehingga cukup berkemampuan memberikan privacy untuk pemiliknya. Kelebihan kaca warna adalah kemampuannya yang cukup bagus dalam menahan panas. Kaca ini dapat membuat ruangan menjadi lebih dingin meskipun terkena panas matahari. Makin tebal kacanya maka semakin gelap berwarna dan makin mempernyerap panas. Dampaknya adalah suasana dalam ruangan akan menjadi bertambah gelap juga.

Penggunaan utama kaca warna adalah sebagai exterior bangunan karena sifatnya yang tahan panas. Di wilayah perkantoran, kaca ini bukan hanya dipakai sebagai jenis kaca pintu atau jendela, tapi sebagai dinding kaca atau curtain wall yang melindungi interior gedung.

Jenis Kaca Tempered dan Laminated

Tempered And Laminated Glass

Kaca tempered dan kaca laminated merupakan 2 tipe kaca yang lain, tetapi mempunyai peranan yang lebih kurang sama. Ke-2 kaca ini mempunyai ketahanan tinggi sehingga bagus untuk area-area yang perlu ditingkatkan keamanannya, misalnya pegangan tangga dan eskalator, dinding lift, atau lantai balkon. Kaca tempered bisa dianggap sebagai kaca yang paling kuat pada benturan, memiliki kekuatan meredam benturan 3-5 kali lipat ketimbang kaca biasa. Tipe kaca ini karena dibikin dari lembar kaca polos panas yang didinginkan secara mendadak.

Walaupun lebih kuat dari macam2 kaca lainnya, tetapi bukan berarti kaca ini tidak dapat pecah. Kaca tempered saat pecah akan berupa serpihan-serpihan kecil yang tumpul, berbeda dengan kaca biasa yang memiliki bentuk panjang dan tajam . Jadi sekalipun pecah juga kaca tempered tidak melukai dan lebih aman dibanding kaca biasa. Kaca ini umumnya dipakai untuk dinding kaca, pintu kaca tanpa kerangka (seperti pintu utama pertokoan), partisi kamar mandi dan beberapa tempat yang lain ingin tampilkan sisi seni tetapi juga memerlukan ketahanan extra.

Berbeda dengan kaca tempered yang dibuat dengan memberikan penekanan suhu, kaca laminated dibuat dari 2 atau mungkin lebih lembaran/film kaca yang digabungkan. Saat pecah, kaca laminasi tidak akan berhamburan. Kaca ini cuma akan memperlihatkan retakan saja di permukaannya. Bahkan juga saat seluruh permukaannya telah retak, kaca ini tetap berupa lembaran dan tidak pecah ke mana-mana . Jadi tetap merekat pada filmnya dan masih tetap terpasang pada rangkanya.

Pemakaian utama kaca laminasi yaitu pada atap kaca, dinding kolam renang, jendela skylight, dan beberapa tempat lain di mana jangan ada kaca berhamburan sekalinya pecah. Ke-2 kaca ini benar-benar berbeda dengan jenis jenis kaca yang lain karena pengrajin tidak dapat melakukan pemotongan, pembuatan lubang, atau pemasangan aksesoris lainnya pada kaca ini. Bila dilakukan pemotongan atau pelubangan, maka dapat melemahkan kemampuan kaca tempered dan kaca laminasi. Bisa juga menyebabkan rusaknya kaca-kaca itu.

Jenis Kaca Patri (Stained Glass)

Stained Glass

Jika kaca-kaca sebelumnya adalah lembaran kaca yang polos tanpa motif, jenis kaca yang terakhir adalah hasil kreatifitas dan pengrajin hingga mempunyai beragam warna dan model. Anda pasti pernah pergi ke tempat ibadah lalu menemukan kaca yang indah dan megah digunakan untuk mempercantik tempat itu. Kaca patri memang sering dipakai sebagai kaca hias di jendela atau pintu.

Karena keindahannya, kaca patri mempunyai akar di penjuru dunia dan berkembang semenjak jaman dulu. Di Indonesia, dulunya kaca patri cuma dipakai oleh bangsawan dan pihak Keraton. Di India, kaca hias ini menghiasi bangunan-bangunan milik raja. Sementara di Eropa, kaca patri intinya dipakai untuk kaca gereja memiliki ukuran raksasa.

Corak gambar yang dibuat pun bisa sangat bervariasi. Mulai dari gambar mozaik, lukisan Naturalisme, Realisme, Romantisme, Impresionisme sampai karya abstrak seperti Kubisme dan Futurisme. Karena langkah membuat kaca hias ini memerlukan keterampilan tinggi, harga kaca patri jendela memang termasuk lumayan mahal. Anda juga harus pesan secara eksklusif ke pengrajin lebih dulu sebelum bisa memiliki jenis kaca ini.

Tetapi karena ada bermacam model jendela kaca patri yang ditawarkan, Anda dapat pilih motif yang sepenuhnya sesuai dengan keinginan Anda.

Jenis Kaca Stopsol

Kaca stopsol adalah tipe kaca yang mempunyai tehnologi coating pyrolytic reflective. Tehnologi itu mempunyai kekuatan dan ketahanan yang lebih bagus dibandingkan kaca pada biasanya. Coating pyrolytic reflective mempunyai penampilan susunan tipis atau terbuka yang dibuat dari oksidasi logam. Susunan itu berperan sebagai susunan pemantul yang bisa memantulkan cahaya dan panas dari sinar matahari. Karena kegunaannya itu, juga banyak yang mengatakan kaca stopsol sebagai solar heat reflective glass.

Kelebihan kaca Stopsol yaitu bisa mengurangi pemakaian AC, mengirit energi, meningkatkan privacy dengan kurangi penglihatan di luar, dan memberi dampak estetik yang memikat dari bangunan. Kaca Stopsol kerap dipakai pada beberapa gedung bertingkat seperti hotel, perkantoran, dan apartemen.

Kaca T-Sunlux (Reflective Glass)

T-SUNLUX Glass yaitu produk kaca dengan Solar Kontrol (susunan (coating) yang dengan performa tinggi bisa kurangi panas. Tipe kaca ini benar-benar pas untuk terapkan pada kaca arsitektur di mana terdapat banyak cahaya matahari.

Mengapa disebutkan T-sunlux? Karena biasa di Ucapkan temperable sunlux, nah Tipe kaca T-SUNLUX glass dibuat khusus dengan di panasi dan di lapisi magnetron,dan susunan yang kuat dan ketahanan yang bisa diolah menjadi tempered.

Lebih konstan dalam menyerap panas di luar ke ruang, Bisa Melindungi sisi di dalam ruang lebih baik.Salah satunya tipe kaca yang dapat dipakai untuk Jendela, pasti tipe kaca ini mempunyai keunggulan tertentu.

Menempatkan T-Sunlux kaca akan membuat suatu ruang lebih berkesan menawan. Tidak itu saja, membuat konsep bangunan juga semakin lebih inovatif. Tidak itu saja, T-sunlux tipe ini pasti lebih bertahan lama dan kuat untuk konstruksi bangunan Anda.

T-sunlux memang menjadi pilihan yang pas untuk komponen bangunan tertentu. Terlebih bila Anda ingin mengkontrol panas di rumah dan menawan dan bertahan lama.

Kaca Locabel (Painted Glass)

Painted glass atau Lacobel adalah material kaca polos yang dicat di salah satunya dengan cat khusus berkualitas hingga menghasilkan warna yang seragam dan menempel secara baik. Kaca Locabel yaitu tipe kaca laminated yang terdiri dari 2 ataupun lebih lembar kaca yang diikat bersama dengan bahan pengikat atau resin polivinil butiral (PVB) lewat proses pemanasan dan tekanan. Kaca laminated Locabel ini mempunyai lapisan keamanan yang kuat dan tahan pada benturan, hingga bisa kurangi resiko pecah atau retak pada kaca.

Selain susunan keamananya, kaca laminated Locabel mempunyai keunggulan dalam soal pencegahan kebocoran suara dan peredaman getaran sehingga bisa membantu membentuk lingkungan yang semakin tenang dan nyaman.

Kaca lamianted Locabel ada dalam beragam ketebalan dan ukuran, hingga bisa disamakan dengan keperluan dan design bangunan. Laminated Locabel sering dipakai pada project bangunan seperti jendela, pintu, dinding kaca, atap kaca, dan lain-lain.

Decomirror Kaca (Tinted Mirror)

Kaca DecoMirror adalah tipe kaca yang mempunyai susunan reflektif pada permukaan atasnya, hingga memberi dampak cermin saat disaksikan dari 1 segi, namun tetap terbuka dari segi lainnya.

Kaca DecoMirror biasanya dibuat dengan memakai teknologi magnetron sputtering, adalah proses lapisan logam pada permukaan kaca memakai gas plasma yang dibuat oleh evaporasi bahan target dengan kontribusi medan magnet.

Proses ini bisa hasilkan susunan logam yang tipis dan rata pada permukaan kaca. Kaca ini umumnya dipakai pada dinding kaca, partisi, furniture dan aksesoris dekor interior yang lain.

Insulasi Kaca

Kaca insulasi adalah tipe kaca yang dibuat dari 2 atau tiga lapis kaca yang terdiri oleh ruang kosong yang tervakum. Susunan kaca itu membuat dampak insulasi pada panas dan penekanan yang baik sekali dan menjadikan benar-benar tahan pada penekanan yang lebih tinggi. Kaca tipe ini biasanya digunakan pada pesawat yang memerlukan kaca yang tahan pada ketidaksamaan penekanan udara. Disamping itu kaca ini dapat digunakan pada rumah yang mempunyai empat musim untuk membuat situasi rumah yang nyaman pada tiap keadaan cuaca yang berbeda.

Kaca Photochromatic

Tipe kaca yang selanjutnya yaitu kaca photochromatic. Kaca ini biasanya digunakan pada beragam tempat seperti ruangan kantor, ruangan Intensive Care Unit atau ruang penting yang lain. Keunggulan pada kaca ini ialah kekuatannya dalam membuat perlindungan sisi di dalam ruang dari sinar matahari yang masuk. Cahaya matahari akan ditebarkan dan jadi tidak terpusat, sekalian kurangi panas yang masuk.

Post a Comment

×

Hello!

Click one of our contacts below to chat on WhatsApp

× CHAT SEKARANG!